Obat Mata Berair Pada Kucing

Obat Mata Berair Pada Kucing – Jika Anda memiliki kucing, Anda mungkin memperhatikan bahwa matanya lembab. Ini baik-baik saja? Pada artikel kali ini kita akan membahas penyebab mata berair pada kucing dan pengobatan apa yang harus diberikan.

Sama seperti manusia, mata kucing juga bisa menyebabkan air mata. Air mata ini dihasilkan oleh kelenjar lakrimal yang terletak di sekitar rongga mata.

Obat Mata Berair Pada Kucing

Obat Mata Berair Pada Kucing

Air mata memiliki banyak fungsi, termasuk menjaga kelembapan permukaan mata dan membantu memfokuskan cahaya sehingga kucing dapat melihat dengan jelas.

Penyebab Mata Kucing Berair Dan Cara Mengatasinya

Air mata juga melindungi mata dari benda asing seperti debu dan mencegah masuknya agen infeksi ke dalam tubuh. Setiap kali kucing Anda berkedip, benda asing dan agen infeksi yang terperangkap dalam lapisan air mata akan dikeluarkan.

Biasanya air mata kucing tidak terlihat karena hanya menutupi bola mata. Keluarnya cairan kecil berwarna gelap di sudut mata juga bisa dianggap normal. Air mata dan kotoran yang menumpuk di kelopak mata dan sekitar mata bukanlah hal yang normal.

Keluar cairan tidak normal dari mata, berwarna putih kekuningan hingga kehijauan, banyak. Bisa juga disertai gejala lain seperti bersin, kelopak mata bengkak, menyipitkan mata, atau Anda mungkin melihat kucing mengucek matanya (ini bisa jadi pertanda kesakitan).

Mata berair pada kucing bisa disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan atas dan infeksi mata (flu). Flu kucing dapat disebabkan oleh berbagai macam virus dan bakteri. Jika pemilik hewan peliharaan memperhatikan bahwa mata kucingnya berair dan bersin, ini bisa berarti kucing tersebut terkena flu kucing.

Mazoo Obat Mata Kucing Berair Belekan Iritasi

Gejala selain mata berair yang mungkin timbul akibat infeksi termasuk konjungtivitis. Konjungtivitis adalah peradangan pada selaput lendir mata. Mata kucing Anda mungkin bengkak dan merah; kucing menjadi sensitif terhadap cahaya dan mungkin menyipitkan mata.

Untuk infeksi mata yang disebabkan oleh virus dan/atau bakteri, dokter hewan Anda mungkin akan meresepkan obat tetes mata antibiotik atau obat oral, tergantung pada tingkat keparahan dan penyebab penyakitnya.

Selain antibiotik, obat anti inflamasi, pereda nyeri, dan obat lain juga mungkin diresepkan untuk melawan infeksi dan meredakan gejala.

Obat Mata Berair Pada Kucing

Cedera pada area mata atau permukaan mata itu sendiri dapat menyebabkan kucing Anda berair. Goresan kornea(

Jual Royal Care Obat Tetes Sakit Mata Belekan Merah Untuk Kucing Adult Kitten

) menyebabkan rasa sakit pada kucing, sehingga selain melihat banyak air mata, kucing juga menyipitkan mata dan tidak mau didekatkan ke wajahnya.

Untuk cedera mata, dokter hewan Anda mungkin akan meresepkan obat tetes mata yang mempercepat penyembuhan jaringan mata yang rusak. Tergantung pada tingkat keparahan lukanya, antibiotik mungkin diresepkan.

Benda asing yang masuk ke dalam mata dapat menyebabkan alergi dan iritasi sehingga menyebabkan mata kucing berair. Ada berbagai macam alergen yang bisa menyebabkan mata kucing berair, seperti debu, jamur, parfum, pembersih rumah tangga, serbuk sari, dll. Jika terjadi alergi, banyak air mata yang dihasilkan untuk membersihkan alergen yang mengiritasi mata.

Seperti halnya kasus yang disebabkan oleh infeksi, alergi selain menghasilkan banyak air mata juga dapat menyebabkan konjungtivitis yang dapat menyebabkan mata kucing Anda bengkak dan merah.

Obat Kucing Tetes Mata Eye Plus Drops Obat Kucing Sakit Mata Merah Berair Belekan Iritasi Infeksi Obat Tetes Mata Kucing Gatal Berselaput By Clever Solutions Trixin Koinami

Dokter hewan Anda mungkin meresepkan obat tetes mata atau obat oral yang mengandung antihistamin atau steroid untuk meredakan gejala alergi.

Peran kelenjar lakrimal adalah terus memproduksi air mata yang melumasi bola mata. Air mata berlebih akan dikeluarkan melalui hidung. Jika saluran hidung tersumbat, air mata berlebih akan mengalir ke mata sehingga menyebabkan mata kucing mengeluarkan air lebih banyak dari biasanya.

Dokter hewan Anda mungkin meresepkan obat antiinflamasi untuk mengurangi pembengkakan saluran air mata. Dalam beberapa kasus, kucing akan dibius dan dokter hewan kemudian akan mengeluarkan saluran air mata untuk membersihkan penyumbatan atau melakukan pembedahan.

Obat Mata Berair Pada Kucing

Beberapa ras kucing, seperti kucing Persia, mungkin memiliki wajah mirip pesek. Karena anatomi area mata dan hidung yang datar, banyak kucing jenis ini ditandai dengan peningkatan produksi air mata. Akibatnya, area sekitar mata kerap menjadi lembap dan berlinang air mata. Ada juga banyak hadiah yang terkadang dapat mengganggu penglihatan kucing.

Obat Sakit Mata Kucing Berair

Anatomi wajah anjing pug juga dapat meningkatkan risiko kerusakan mata kucing yang juga dapat menyebabkan mata berair.

Pemilik kucing berhidung pesek sebaiknya sering-sering menyeka mata dengan kapas atau kain untuk mengurangi noda pada bulu kucing dan menghilangkan noda yang mengganggu kenyamanan kucing. Jika pada kucing biasa pemiliknya tidak perlu membersihkan mata kucingnya, sedangkan pada kucing Pug, mata kucingnya mungkin perlu dibersihkan beberapa kali sehari.

Penyebab lakrimasi pada kucing bisa bermacam-macam. Ada penyakit yang tidak perlu diobati, ada pula penyakit yang perlu segera diobati. Jika Anda tidak tahu mengapa mata kucing Anda terus-menerus berair, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah segera membawa kucing Anda ke dokter hewan untuk pemeriksaan. Dokter hewan Anda akan dapat menentukan apakah perawatan diperlukan untuk menjaga kenyamanan kucing Anda.

Ingatlah bahwa Anda tidak boleh mengobati sendiri tanpa berkonsultasi dengan dokter hewan, karena penyakit yang berbeda memerlukan pengobatan yang berbeda. Ada obat-obatan yang jika digunakan secara tidak tepat dapat memperburuk kondisi mata kucing Anda.

Kucing Mata Merah Karena Gangguan? Ini Penyebabnya!

Untuk itu Anda tidak perlu khawatir untuk berkonsultasi dengan dokter hewan di rumah karena Anda bisa berkonsultasi dengan dokter hewan secara online. Ada banyak dokter hewan berpengalaman di sini yang dapat memberikan bantuan tepat waktu. Cairan ini berguna untuk menghilangkan debu, kotoran dan menjaga kelembapan bola mata. Meskipun air mata tidak pernah habis dan merupakan kejadian alami, air mata ini berbeda dengan mata berair pada kucing, terutama jika cairannya terlihat lebih kental. Bisa dibilang kucing yang sering menangis dan kucing yang matanya berair adalah dua hal berbeda yang patut Anda perhatikan. Jika mata kucing Anda berair, berarti ada yang tidak beres. Detailnya ada di artikel selanjutnya!

Konjungtivitis, atau mata merah, adalah salah satu penyebab paling umum dari mata kucing. Kondisi ini biasanya menyebabkan peradangan di sekitar mata sehingga menimbulkan kemerahan, bengkak, dan nyeri pada salah satu mata. Konjungtivitis dapat terjadi karena berbagai alasan: infeksi, alergi, atau debu. Penyebab mata berair pada kucing memang menular, namun dengan pengobatan yang tepat kondisinya bisa dinormalisasi. Jika Anda memperhatikan mata kucing Anda terus-menerus berair, segera hubungi dokter hewan Anda untuk mendapatkan perawatan.

Penyebab lain mata berair pada kucing adalah infeksi saluran pernapasan atas. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor: calicivirus, virus herpes, bakteri dan protozoa. Untuk mengetahui penyebab mata berair kucing Anda, sebaiknya lakukan pemeriksaan laboratorium ke dokter hewan.

Obat Mata Berair Pada Kucing

Ya, kucing juga bisa memiliki alergi. Alergi ini dapat menyebabkan mata berair pada kucing Anda. Alergi ini bisa terjadi karena serbuk sari, jamur, debu, obat-obatan tertentu, parfum, dan produk pembersih.

Rekomendasi Obat Mata Untuk Kucing Yang Terbaik

Jika mata kucing Anda berair dan ia tampak menyipitkan mata, ini bisa jadi merupakan tanda penyakit maag, yaitu kerusakan pada permukaan mata. Jika mata kucing Anda terus-menerus berair karena maag, kucing Anda akan sering menggosok kepalanya dan matanya menjadi merah dan perih.

Ada beberapa kondisi di mana kucing mengeluarkan sedikit air mata sehingga menyebabkan iritasi dan luka dangkal. Hal ini menyebabkan mata kucing menjadi merah dan perih, serta keluar cairan lengket berwarna kekuningan. Jika tidak diobati, mata kering bisa menyebabkan kebutaan.

Penyebab lain mata berair pada kucing adalah lakrimasi, yaitu masalah pada saluran air mata yang terhubung ke hidung. Hal ini biasanya disebabkan oleh adanya penyumbatan, namun dapat juga disebabkan oleh sinusitis atau rinitis.

Kucing bermuka datar, seperti kucing Persia, sering kali memiliki mata berair karena struktur wajahnya. Inilah sebabnya mengapa kucing bermuka datar sering mengeluarkan air mata karena moncongnya yang pendek, tengkoraknya yang bulat, dan matanya yang menonjol.

Penyebab Mata Kucing Bengkak Tiba Tiba Yang Perlu Diwaspadai

Jika mata kucing Anda berair dan terasa sakit, segera hubungi dokter hewan Anda. Perawatan yang tepat dapat membantu kucing Anda kembali ke kesehatan normal. Beberapa ras kucing lebih rentan terhadap masalah mata, jadi penting untuk melakukan pemeriksaan rutin ke dokter hewan.

Jika penyebab mata berair kucing anda adalah benda asing, maka pengobatan mata berair kucing anda adalah dengan mengeluarkan benda asing yang mungkin bersarang di matanya. Namun untuk penyakit lainnya cara mengobati mata berair pada kucing, karena penyakit yang lebih serius memerlukan bantuan dokter hewan.

Nah berikut ini penyebab mata berair pada kucing dan cara mengatasi mata berair pada kucing. Jika Anda mengkhawatirkan kondisi kucing Anda, segera hubungi dokter hewan Anda.

Obat Mata Berair Pada Kucing

Anda juga akan menjadi orang pertama yang mengetahui tentang produk baru dan menerima penawaran khusus dari kami.

Ternyata Inilah 5 Alasan Kenapa Mata Kucing Berair, Tanda Anabul Tidak Baik Baik Saja!

Obat mata kucing bengkak berair, obat sakit mata kucing berair, obat mata kucing berair, harga obat mata kucing berair, obat alami mata kucing berair, obat untuk mata kucing berair, obat mata kucing yang berair, obat mata kucing berair sebelah, obat mata berair pada ayam, obat mata kucing belekan berair, obat tetes mata kucing berair, obat mata kucing berair terus

Leave a Comment