Materi Tentang Lari Jarak Jauh

Materi Tentang Lari Jarak Jauh – Lari jarak menengah merupakan cabang olahraga atletik yang menempuh jarak 800 meter sampai dengan 1500 meter. Dalam beberapa kasus, lomba lari 1000m juga digolongkan sebagai lomba lari jarak menengah. Secara umum perlombaan jarak menengah adalah perlombaan yang jaraknya tidak melebihi 3000 meter.

Konsep lari jarak menengah mirip dengan lari lainnya. Pemain harus berlari dengan jarak tertentu. pemain yang mampu

Materi Tentang Lari Jarak Jauh

Materi Tentang Lari Jarak Jauh

Meski konsepnya mirip, lari jarak menengah membutuhkan stamina dan daya tahan lebih. Karena atlet harus bertanding dalam jarak jauh. Oleh karena itu, lari jarak menengah memerlukan strategi ketahanan khusus dibandingkan lari jarak pendek yang menyukai kecepatan.

Lari Jarak Menengah

Lari jarak menengah merupakan salah satu cabang olahraga yang populer di Indonesia. Bahkan diadakan kompetisi tingkat sekolah dan nasional. SAC Indonesia juga menawarkan event lari jarak menengah. Di SAC Indonesia, lari 800m diperuntukkan bagi SLB dan 1000m diperuntukkan bagi SMA.

Mutiara Oktarani merupakan atlet muda Indonesia yang berprestasi di nomor 800m. Selain itu, Agus Perebo dari Indonesia adalah pelari jarak menengah dan jauh yang terkenal di dunia.

Lari jarak menengah telah diadakan sejak Olimpiade kuno. Perlombaan ini dihidupkan kembali pada pertengahan abad ke-19. Secara khusus, lomba lari 800 meter putra telah diadakan di setiap Olimpiade sejak tahun 1896. Sedangkan kompetisi putri pertama kali diadakan pada Olimpiade 1928.

Seperti halnya lari 800m, lari jarak menengah 1.500m putra telah diadakan di Olimpiade sejak tahun 1896. Dan sektor perempuan baru diorganisir pada tahun 1972. Namun, sebelum kelas olimpiade diperkenalkan ke dalam kejuaraan, lari jarak menengah merupakan event yang umum di Amerika dan Inggris.

Bahan Ajar Atletik Lari Jarak Pendek Kelas 8

, atlet dari lima benua berbeda – Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Afrika, dan Oseania – memenangkan medali emas di nomor lari 800 meter di Olimpiade. Kenya mendominasi nomor 800m putra di Olimpiade pada tahun 2008, 2012 dan 2016, memenangkan emas dalam 20 tahun terakhir.

David Rudisha meraih emas Olimpiade London 2012 dengan catatan waktu dunia 1:40.91. Atlet Eropa telah mendominasi nomor 800 meter putri selama bertahun-tahun, sementara atlet Afrika telah memenangkan medali emas Olimpiade pada Olimpiade 2000, 2008, 2012, dan 2012. .

Lari jarak menengah tidak memiliki banyak detail yang harus diperhatikan seperti lari jarak pendek. Namun, tetap penting untuk menggunakan teknik yang tepat, seperti memposisikan diri saat balapan.

Materi Tentang Lari Jarak Jauh

1. Cara start yang digunakan dalam lari jarak menengah adalah start berdiri. Pada perlombaan jarak menengah, urutan sinyal atau rambu lalu lintas adalah “Siap”, “Siap”, “Ya”.

Eknik Dan Peraturan Lari Jarak Jauh Atau Maraton

2. Saat mendengar isyarat “siap”, postur pelari harus lurus, lutut sedikit ditekuk dan ke depan.

3. Saat mendengar isyarat “siap”, Anda dapat meletakkan satu kaki di belakang garis start dan kaki lainnya di belakang garis start. Alternatifnya, kedua tangan bisa bersiap untuk berlari.

. Di sini pelari harus mendapatkan posisi terbaik dengan tetap menjaga kecepatan tetapi kemampuan pengendalian. Hal ini dilakukan agar pelari tidak kehabisan tenaga di awal putaran.

3. Salah satu cara untuk menghemat energi pada kedua kaki adalah dengan menyandarkan tubuh bagian atas pelari dan mengayuh ke arah yang benar sambil mengoordinasikan gerakan kedua lengan.

Gambar Lari Jarak Jauh Png, Vektor, Psd, Dan Clipart Dengan Background Transparan Untuk Download Gratis

4. Saat berlari, gerakan lengan sebaiknya lebih aktif dibandingkan gerakan kaki. Putar lengan Anda untuk menyeimbangkan tubuh dan membantu mengontrol irama Anda.

5. Irama gerak lari, koordinasi langkah dengan pernafasan. Jika kecepatan lari Anda kurang baik, Anda bisa menarik napas tiga kali dan tiga kali embusan napas. Saat lari cepat, pernafasan harus cepat dengan 2 kali tarik napas dan 2 kali buang napas.

6. Tarik napas dalam-dalam sejak awal untuk menjaga pernapasan teratur dan mencegah penipisan oksigen dini yang dapat menyebabkan kelelahan.

Materi Tentang Lari Jarak Jauh

1. Lari jarak menengah sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Sebab, meningkatkan daya tahan jantung dan paru-paru sehingga menurunkan detak jantung dan tekanan darah.

Manfaat Lari Sprint Dan Cara Latihan Lari Sprint

2. Lari jarak menengah sangat bagus untuk kekuatan dan daya tahan otot. Gerakan lari yang berulang dan interval yang cukup panjang memperkuat otot kaki dan meningkatkan daya tahan tubuh secara keseluruhan.

1. Mengurangi stres dan kecemasan. Pasalnya, endorfin yang dilepaskan saat berolahraga mengurangi tingkat stres dan kecemasan.

3. Meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri. Menyelesaikan lari jarak menengah bisa menjadi pencapaian besar dan meningkatkan harga diri serta kepercayaan diri. (*) Lari jarak jauh merupakan perlombaan dalam cabang olahraga atletik. Seperti perlombaan lari lainnya, kejuaraan nasional dan internasional menampilkan perlombaan jarak jauh. Ada dua jenis lari jarak jauh: 5.000 meter dan 10.000 meter.

Sesuai dengan namanya, lomba lari ini mengharuskan atletnya menempuh jarak yang lebih jauh dibandingkan lomba lari jarak menengah dan pendek. Pada dasarnya lari jarak jauh sangatlah mudah. Pelari di garis finis

Lari Jarak Pendek

Meski terkesan menguras tenaga, lari jarak jauh ternyata punya banyak manfaat bagi tubuh. Dalam lari jarak jauh, atlet harus mempunyai kekuatan dan daya tahan untuk dapat mempertahankan kecepatan lari yang konstan.

Setiap atlet menyelesaikan dua belas setengah putaran pada lintasan standar 400 meter. Sesuai aturan, perlombaan dimulai dari para atlet

Peradaban Yunani kuno memiliki banyak perlombaan yang mirip dengan lari jarak jauh saat ini. Pada pertengahan abad ke-19, balap jarak jauh menjadi sangat populer untuk taruhan di Inggris dan Amerika Serikat.

Materi Tentang Lari Jarak Jauh

Lari jarak jauh telah dimasukkan dalam Olimpiade sejak tahun 1912. Dimulai dengan lomba lari 5000m putra. Selain itu, nomor 5000m putri diperkenalkan ke dalam program Olimpiade hanya pada tahun 1996 sebagai pengganti nomor 3000m, yang telah ditawarkan sejak Olimpiade Los Angeles 1984.

Penggunaan Start Dalam Lari Jarak Jauh

Dalam sejarah Olimpiade, Finlandia adalah negara tersukses di nomor 5.000m putra. Negara Skandinavia ini meraih enam medali emas dari tahun 1924 hingga 1936, termasuk empat gelar berturut-turut. Selain itu, Ethiopia mendominasi nomor 5.000 meter putri di Olimpiade, memenangkan tiga gelar berturut-turut dari tahun 2004 hingga 2012.

Perlombaan jarak jauh 10.000 meter, dikenal oleh banyak pelari jarak jauh terkenal di dunia. Dalam perjalanannya, para atlet harus menempuh sekitar 25 putaran dengan standar jarak 400 meter. Pemain harus mulai berlari

Di Yunani kuno, seperti lomba lari 5.000 meter, badan pemerintah menyelenggarakan acara yang mirip dengan lomba lari jarak jauh saat ini. Pada pertengahan abad ke-19, perlombaan lari sejauh 5.000 meter sering diadakan sebagai adu kekuatan organisasi militer.

Sejak tahun 1912, Olimpiade telah memasukkan nomor 10.000 meter putra. Kompetisi putri pertama kali diadakan pada Olimpiade 1988. (*) Lari digemari banyak orang, selain praktis, olahraga ini tidak memerlukan banyak biaya. Pakai saja sepatunya, temukan tempat yang tepat dan Anda bisa mengeluarkan keringat. Namun ada juga pemain profesional yang memainkan game ini.

Pengertian Fase Topang Dan Fase Melayang Dalam Teknik Lari Jarak Pendek

Secara umum lari adalah menggerakkan badan dari satu titik ke titik lainnya melalui langkah-langkah yang terdapat pada e-modul Lari Prestasi.

Konsep lari harus mencakup jarak yang berbeda seperti jarak pendek, jarak menengah dan jarak jauh. Lomba lari 400 meter atau kurang, lari jarak menengah 400 meter ke atas 3000 meter, dan lari 5000 meter atau lebih, termasuk lari maraton yang menempuh jarak sampai dengan 42 km. .

Perbedaan lari jarak jauh dan lari jarak pendek. Lari jarak jauh memerlukan stamina dan daya tahan yang tinggi. Agar tidak membuang-buang energi, Anda perlu fokus pada ritme dan teknik lari yang efektif.

Materi Tentang Lari Jarak Jauh

Inilah mengapa latihan daya tahan dan stamina sangat penting agar Anda tetap berlari kencang dan tidak kehabisan tenaga menjelang garis finis.

Pengertian Lari Estafet Sebagai Salah Satu Olahraga Atletik

Berlari dengan kekuatan penuh tidak memerlukan kecepatan tertinggi untuk lari jarak jauh. Keberhasilan dalam lari jarak jauh seringkali ditentukan oleh stamina dan daya tahan seorang pelari.

Selain itu, teknik lari jarak jauh sangat berbeda dengan teknik lari jarak pendek. Untuk lari jarak pendek, seorang pelari harus mengeluarkan tenaga sebanyak-banyaknya dari kepala

Dalam lari jarak jauh, seorang pelari harus mampu mengatur kekuatan dan kecepatannya untuk finis atau mencapai garis finis. Jangan sampai para pelari atau jogging kelelahan di tengah jalan karena jarak yang terlalu jauh.

Teknik berlari sebaiknya dilakukan secara mantap dan tidak terlalu cepat serta sebaiknya selalu mengontrol pernapasan dan tenaga agar tidak mudah lelah. Namun, saat garis finis semakin dekat, dari jarak sekitar 1 km hingga 500 m, kecepatannya harus ditingkatkan.

Gambar Perlombaan Lari Jarak Jauh Png Dengan Background Transparan

Teknik pernafasan lari jarak jauh dapat dipraktikkan dengan menggunakan beberapa e-modul Pembelajaran PJOK SMA berikut ini:

Bernafas melalui mulut membutuhkan lebih banyak oksigen dan karbon dioksida dibandingkan bernapas melalui hidung. Ini melemaskan otot-otot wajah dan membuat lari lebih nyaman.

Bernapaslah melalui perut atau diafragma, bukan dada. Berbaring telentang dan pelajari cara mengontrol gerakan perut saat bernapas. Jika benar, perut akan naik dan dada akan mengempis setiap kali bernapas.

Materi Tentang Lari Jarak Jauh

Napas pendek dan dangkal membuat pernapasan lebih mudah. Orang tidak bisa berlari dengan nafas yang panjang dan panjang.

Olahraga Atletik: Pengertian, Sejarah, Dan Cabang [materi Lengkap]

Gunakan telinga Anda untuk memantau pernapasan Anda. Jika Anda mendengar suara siulan, perlambat lari Anda, jika suara siulan terus-menerus, percepat lari Anda.

Sepatu khusus lari jarak jauh, teknik lari jarak jauh, materi tentang lari jarak pendek, tentang lari jarak jauh, peraturan lari jarak jauh, pengertian lari jarak jauh, makalah tentang lari jarak jauh, rangkuman lari jarak jauh, sejarah lari jarak jauh, materi olahraga lari jarak jauh, materi lari jarak jauh, artikel tentang lari jarak jauh

Leave a Comment