Ganti Paspor Biasa Ke Paspor Elektronik

Ganti Paspor Biasa Ke Paspor Elektronik – KOMPAS.com -Saat ini masyarakat sudah bisa menerbitkan e-paspor atau e-paspor. Paspor elektronik adalah dokumen sah yang dapat digunakan di negara mana pun.

Tidak ada perbedaan antara menerbitkan paspor biasa dan elektronik. E-paspor tetap menjadi dokumen perjalanan internasional, dokumen identitas dan bukti kewarganegaraan Indonesia bagi yang bersangkutan di luar negeri.

Ganti Paspor Biasa Ke Paspor Elektronik

Ganti Paspor Biasa Ke Paspor Elektronik

Paspor elektronik memiliki chip yang dapat dipindai. Chip ini menyimpan data biometrik wajah dan sidik jari pemakainya. Nantinya, pengguna paspor elektronik bisa melewati gerbang otomatis di bandara yang menyediakan opsi tersebut.

Ajegile, Antrian Bikin Paspor Elektronik Udah Penuh Aja Sampe September. Gua Pertama Kali Bikin Paspor, Apakah Emang Sepanjang Ini Antrinya? Denger2 Ada Shortage E Paspor Juga

Sedangkan untuk penggantian paspor, Anda harus memiliki KTP dan paspor lama, serta surat dari pengadilan jika Anda mengganti nama.

Ditekankan bahwa pemohon harus memastikan bahwa jenis paspor yang dipilih sudah benar pada aplikasi M-Passport, karena pemohon tidak dapat mengubah pilihan paspornya pada saat wawancara imigrasi.

Pendaftaran paspor elektronik dapat dilakukan melalui aplikasi M-Paspor yang dapat diunduh di App Store dan Play Store. Tata cara penerbitan paspor elektronik adalah sebagai berikut:

Dari segi biaya, e-paspor baru berharga 650.000 riyal dengan biaya perpanjangan 100.000 riyal untuk e-paspor 24 halaman dan 300.000 riyal untuk e-paspor 48 halaman.

Cara Membuat Paspor Online, Berikut Syarat Dan Biaya Pembuatannya

Selain itu, menurut Pasal 2A ayat (2) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Permenkumham) Nomor 18 Tahun 2022, dapat bertahan minimal hingga 10 tahun masa berlaku paspor elektronik atau electronic paspor.

Paspor yang masih berlaku 10 tahun diberikan kepada warga negara Indonesia yang telah mencapai usia 17 tahun atau sudah menikah. Selain kategori tersebut, paspor elektronik juga diterbitkan selama 5 tahun.

Dengarkan berita terbaru kami dan pilih langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan saluran WhatsApp Kompas.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Ganti Paspor Biasa Ke Paspor Elektronik

Tandai cara membuat e-paspor cara membuat e-paspor atau syarat-syarat pembuatan e-paspor biaya pembuatan e-paspor masa berlaku e-paspor 10 tahun

Perbedaan Paspor Biasa & E Paspor

Berita Terkait BPJS Puskesmas Transfer Online Lewat Mobile JKNCA Cara Mendapatkan JHT Online Lewat Aplikasi JMOF Pelajari Apa Itu Resesi, Penyebab dan Dampaknya. Jenis, risiko dan manfaat

Kaget Layanan Penukaran Uang Pinggir Jalan Makin Berkembang, BI Malang: Tak Paham Uangnya Dari Mana… Baca 6.952 kali Paspor adalah dokumen yang digunakan sebagai tanda pengenal saat berkunjung ke negara lain. Ada dua jenis paspor: paspor tradisional (lama) dan elektronik. Meskipun penggunaannya sama, terdapat perbedaan antara paspor tradisional dan elektronik.

Perbedaan utamanya terletak pada tampilannya. Paspor biasa berupa buku cetak tanpa chip, sedangkan paspor elektronik berupa kertas cetak yang dilengkapi chip penyimpan data. Paspor dasar dan elektronik tercantum di bawah ini.

Mengutip dari situs imigrasi, paspor sederhana adalah dokumen yang dikeluarkan oleh pemerintah Republik Indonesia bagi warga negara Indonesia untuk melakukan perjalanan ke negara yang sah dalam jangka waktu tertentu. Paspor umum mencakup paspor elektronik dan non-elektronik.

Cara Mudah Ganti Paspor Lama Menjadi E Paspor (2020)

Di Indonesia, paspor biasanya memiliki sampul berwarna hijau. Paspor standar dikeluarkan oleh Direktur Jenderal Imigrasi Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Paspor elektronik adalah jenis paspor umum yang juga digunakan sebagai dokumen perjalanan ke negara lain. Paspor elektronik juga diterbitkan dalam bentuk cetak, namun berbeda dengan paspor non-elektronik.

Paspor elektronik memiliki tanda khusus dan terlihat jelas yang membedakannya dengan paspor tradisional. Mengutip dari situs Kominfo Indonesiabaik, ciri-ciri paspor elektronik adalah sebagai berikut.

Ganti Paspor Biasa Ke Paspor Elektronik

Selain itu, ada keuntungan lain bagi pemegang paspor elektronik – bebas visa Jepang. Dengan paspor elektronik, warga negara Indonesia dapat menikmati manfaat bebas visa.

Tips Mudah Membuat E Paspor Di Jakarta (updated)

Warga negara Indonesia dapat melakukan perjalanan wisata, urusan bisnis, mengunjungi keluarga, mengunjungi teman atau perjalanan singkat lainnya selama 15 hari dengan masa berlaku 3 tahun atau sampai masa berlaku paspor terakhir (jika masa berlaku paspor kurang dari 3 tahun. masa berlakunya adalah singkat). Warga negara Indonesia yang memiliki paspor IC/e-paspor (paspor dengan gambar chip di sampulnya) sesuai standar ICAO (International Civil Aviation Organization) dapat memperoleh visa gratis dengan melakukan e-registrasi paspor di perwakilan Jepang (Kedutaan Besar Jepang) . / Konsulat Jenderal Jepang / Konsulat Jepang) atau JVAC di Indonesia sebelum keberangkatan.

Perbedaan paspor biasa dan elektronik tergantung pada desain dan biaya pembuatannya. Di sisi lain, terdapat kesamaan antara kedua paspor ini yaitu sama-sama digunakan sebagai dokumen perjalanan antar negara.

Kesamaan lainnya adalah persyaratan penerbitan paspor biasa dan elektronik. Untuk mengajukan paspor baru, Anda memerlukan KTP, bukti identitas, akta kelahiran, ijazah/baptis/akta nikah, dan surat perintah pengadilan jika Anda telah mengubah nama. Sedangkan untuk penggantian paspor, Anda tidak perlu membawa KTP dan paspor lama, serta surat dari pengadilan, jika Anda telah mengganti nama belakang.

Perbedaan paspor biasa dan elektronik adalah pengertian paspor biasa, ciri-ciri paspor biasa, harga paspor biasa, biaya pembuatan paspor biasa, paspor elektronik, paspor elektronik, ciri-ciri paspor elektronik , harga paspor elektronik, biaya pembuatan paspor elektronik, paspor biasa, paspor elektronik dan paspor biasa (non-elektronik)) dan paspor elektronik kertas dengan template. Jenis paspor lain yang kurang dikenal adalah polikarbonat.

Tanpa Ke Kantor Imigrasi! Begini Cara Buat Paspor Online

Berbeda dengan paspor tradisional dan elektronik, halaman biodata paspor polikarbonat terbuat dari bahan yang lebih kuat seperti plastik agar tidak bengkok.

Mirip dengan paspor elektronik yang terbuat dari kertas polikarbonat, paspor polikarbonat menyimpan data pemegangnya dalam chip yang tertanam untuk akurasi yang lebih baik. Hal ini memudahkan verifikasi paspor ini ketika warga negara Indonesia (WNI) mengajukan visa di kedutaan negara tujuan.

Dibandingkan dengan paspor biasa, paspor elektronik polikarbonat memiliki chip elektronik yang mencatat pemegang paspor dan informasi perjalanan. Selain itu, paspor elektronik berbahan polikarbonat memiliki lapisan pelindung polikarbonat sehingga lebih tahan lama dan sulit dipalsukan.

Ganti Paspor Biasa Ke Paspor Elektronik

Saat ini paspor polikarbonat Indonesia tidak menggunakan teknologi terkini dan bahan yang lebih tahan lama! Namun dibalik itu semua, paspor jenis ini menawarkan keindahan yang magis, apalagi jika dilihat di bawah sinar UV.

Imigrasi Jakut Tetapkan Kuota 50 Orang Untuk Ganti Paspor Pada Sabtu

Saat ini terdapat tiga kantor imigrasi yang menyediakan paspor elektronik berbahan polikarbonat, yakni Kantor Imigrasi Kelas I TPI Soekarno-Hatta, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non-TPI Jakarta Selatan, dan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non-TPI TPI Jakarta Barat.

Syarat yang perlu dipersiapkan bagi yang baru pertama kali mengajukan paspor adalah KTP, kartu identitas, akta kelahiran, ijazah/akta nikah/baptis, dan surat keputusan pengadilan bagi yang berganti nama. Sedangkan bagi pemohon yang mengganti paspor elektronik ke pelat polikarbonat, cukup menunjukkan KTP dan paspor lama. Ganti Paspor – E Passport merupakan jenis paspor baru yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia. Paspor ini berisi teknologi chip elektronik. Teknologi ini memungkinkan otoritas imigrasi di seluruh dunia menyimpan informasi paspor Anda dengan lebih aman dan mudah.

Sebagai warga negara Indonesia, Anda harus memiliki paspor untuk bepergian ke luar negeri. Jika masih menggunakan paspor biasa maka harus diganti dengan paspor E. Sebab, mulai 1 Januari 2024, paspor biasa sudah tidak berlaku lagi untuk bepergian ke luar negeri.

2. Proses imigrasi di bandara mudah dan cepat karena petugas imigrasi dapat membaca informasi di paspor dengan lebih cepat dan mudah.

Jalan Jalan Dengan Rina: Pengalaman Membuat E Paspor Di Kantor Imigrasi Batam

3. Selain itu, memfasilitasi perjalanan ke negara-negara yang menerapkan sistem imigrasi tertentu, seperti sistem visa-on-arrival.

4. Surat persetujuan dari pejabat yang berwenang apabila berada dalam penjara atau dalam pengawasan hukum.

Proses pengurusan paspor E memakan waktu kurang lebih 10 hari kerja. Namun, waktu ini dapat bervariasi tergantung pada persyaratan imigrasi dan jumlah permohonan paspor yang diterima.

Ganti Paspor Biasa Ke Paspor Elektronik

Selain itu, biaya penggantian paspor biasa menjadi paspor E tergantung pada jenis paspor yang Anda pilih. Jumlah yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

Penerbitan Penggantian Paspor Karena Rusak

Jika Anda kehilangan ePassport, segera laporkan ke kantor imigrasi terdekat atau polisi. Anda juga dapat mengajukan pengaduan ke Direktorat Jenderal Imigrasi melalui situs resminya.

Masa berlaku paspor elektronik dapat diperpanjang dengan mengajukan permohonan perpanjangan paspor. Permohonan ini dapat dikirimkan ke kantor imigrasi terdekat. Setelah permohonan disetujui, Anda akan diminta membayar biaya administrasi dan layanan pengurusan paspor.

Berdasarkan keterangan di atas, dapat disimpulkan bahwa mulai 1 Januari 2024, paspor asing biasa tidak berlaku untuk bepergian ke luar negeri. Oleh karena itu, sebagai warga negara Indonesia, sebaiknya Anda mengganti paspor biasa dengan paspor elektronik. Proses penggantian paspor dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah di atas. Dengan menggunakan E Passport, Anda dapat menikmati keuntungan seperti keamanan yang lebih baik, kemudahan dan kecepatan proses imigrasi di bandara, serta kemudahan perjalanan ke beberapa negara yang menerapkan sistem imigrasi tertentu.

Selain itu, perusahaan ini didirikan pada tanggal 22 Mei 2008 dengan komitmen karyawan yang kuat dan pendekatan kreatif untuk memberikan layanan pelanggan terbaik, tercepat dan paling dapat diandalkan. Jelajahi media sosial

Paspor Kini Berlaku 10 Tahun, Ketahui Dulu Beda Paspor Elektronik Dan Non Elektronik

Anchor Groups adalah perusahaan nasional yang menyediakan layanan rekrutmen, layanan ekspor-impor, layanan hukum imigrasi (visa, paspor, KITAS, dll), layanan terjemahan, dan banyak lagi.

.Alamat: Komplek Perum PFN, Jl. Otista Raya No.125 – 127, RW.8, Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Istimewa Jakarta 13330 Telp.: +622122008353 dan +622122986852 Paspor tradisional non-elektronik dan elektronik (dokumen elektronik pemerintah yang sah) dan dapat digunakan di negara lain.

Dalam Peraturan Pemerintah (PP) no. 31 Pasal 34 dan 48 Tahun 2013 menyebutkan bahwa paspor Indonesia meliputi paspor diplomatik, paspor dinas, dan paspor biasa. Paspor biasa meliputi paspor elektronik biasa dan paspor non-elektronik biasa. Paspor biasa atau paspor elektronik adalah dokumen resmi pemerintah yang dapat digunakan untuk bepergian ke negara mana pun.

Ganti Paspor Biasa Ke Paspor Elektronik

Pasal 35 juga menyebutkan bahwa paspor (elektronik dan non-elektronik) adalah dokumen perjalanan dalam negeri, dokumen identitas, dan bukti kewarganegaraan Republik Indonesia.

Kedutaan Besar Republik Indonesia, Di Oslo, Kerajaan Norwegia

Apa beda paspor elektronik dan biasa, paspor biasa ke paspor elektronik, paspor elektronik dan biasa, beda paspor biasa sama elektronik, mending paspor biasa atau elektronik, perbedaan paspor biasa dan elektronik, ganti paspor biasa ke elektronik, apa bedanya paspor biasa dan elektronik, harga paspor biasa dan elektronik, paspor elektronik vs biasa, cara ganti paspor biasa ke elektronik, lebih baik paspor biasa atau elektronik

Leave a Comment