Cara Menurunkan Berat Badan Sehat

Cara Menurunkan Berat Badan Sehat – Banyak orang melakukan berbagai hal untuk mencapai berat badan ideal. Menurunkan berat badan saat kelebihan berat badan merupakan tantangan yang sangat sulit.

Berdasarkan rumus indeks massa tubuh (MBI), terdapat empat keadaan tubuh berdasarkan berat dan tinggi badan seseorang, yaitu kurus, sehat, kelebihan berat badan, dan obesitas.

Cara Menurunkan Berat Badan Sehat

Cara Menurunkan Berat Badan Sehat

Untuk orang dewasa di atas usia 20 tahun, BMI 18,5 atau kurang berarti berat badan sehat 18,5 hingga 24,9.

Tips Dan Menu Diet Sehat 30 Hari Untuk Turunkan Berat Badan

Kemudian disebut gemuk jika BMI 25,0 hingga 29,9 dan disebut obesitas jika BMI mencapai 30,00 ke atas.

Bagi kita yang sedang menghadapi masalah obesitas atau bahkan kegemukan, selain pola makan, olah raga atau olah raga di pagi hari juga bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan.

Selain menurunkan berat badan, olahraga terbukti meningkatkan mood, menguatkan tulang, dan menurunkan risiko penyakit kronis lainnya.

Jalan kaki adalah salah satu latihan terbaik untuk menurunkan berat badan. Cara sederhana dan mudah bagi pemula untuk berlatih tanpa merasa kewalahan atau harus membeli peralatan. Selain itu, ini adalah latihan berdampak rendah, artinya tidak melukai persendian Anda.

Jenis Diet Sehat Untuk Turunkan Berat Badan Anda

Menurut Harvard Health, seseorang dengan berat 155 pon (70 kg) membakar sekitar 175 kalori setiap 30 menit berjalan dengan kecepatan rata-rata 4 mph (6,4 km/jam).

Sebuah penelitian selama 12 minggu terhadap 20 wanita gemuk menemukan bahwa berjalan kaki 50-70 menit 3 kali seminggu mengurangi lemak tubuh dan pinggang rata-rata 1,5% dan 1,1 inci (2,8 cm).

Yang terbaik dari semuanya, jalan kaki juga sangat mudah untuk dimasukkan ke dalam rutinitas harian Anda. Setiap orang dapat berjalan saat istirahat makan siang atau menaiki tangga ke tempat kerja untuk menambah langkah dalam hari mereka.

Cara Menurunkan Berat Badan Sehat

Pemula bisa memulainya dengan jalan kaki 30 menit sebanyak 3-4 kali seminggu. Tingkatkan frekuensi dan durasi jalan kaki secara bertahap agar tubuh tetap sehat.

Cara Menurunkan Berat Badan, Diet Sehat Tanpa Tersiksa!

Jogging dan lari merupakan olahraga yang baik untuk membantu menurunkan berat badan. Meski serupa, perbedaan utamanya adalah kecepatan jogging umumnya antara 4-6 mph (6,4-9,7 km/jam), sedangkan kecepatan jogging lebih besar dari 6 mph (9,7 km/jam).

Harvard Health memperkirakan bahwa orang dengan berat 155 pon (70 kg) membakar sekitar 288 kalori setiap 30 menit berlari dengan kecepatan 5 mil/jam (8 km/jam) atau 360 kalori setiap 30 menit berlari dengan kecepatan 6 mph (9,7 km). /H).

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa joging dan lari dapat membantu membakar lemak visceral yang disebut juga lemak perut. Jenis lemak ini menutupi organ dalam dan berhubungan dengan berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes.

Jogging dan lari adalah olahraga yang dapat dilakukan di mana saja dan mudah untuk dimasukkan ke dalam rutinitas mingguan Anda. Sebagai permulaan, usahakan untuk jogging selama 20-30 menit 3-4 kali seminggu.

Cara Turunkan Berat Badan 1 Kg Seminggu

Jika jogging atau berlari di luar ruangan membuat persendian Anda terasa berat, cobalah berlari di permukaan yang lebih lembut seperti rumput. Selain itu, banyak permadani yang memiliki bantalan internal, sehingga memudahkan persendian Anda.

Meski bersepeda merupakan aktivitas luar ruangan, banyak pusat kebugaran dan resor yang memiliki sepeda stasioner yang dapat dikayuh sambil duduk di dalam ruangan.

Harvard Health memperkirakan bahwa orang dengan berat badan 155 pon (70 kg) membakar sekitar 252 kalori dalam 30 menit bersepeda stasioner dengan kecepatan sedang, atau 288 kalori dalam 30 menit bersepeda dengan kecepatan rata-rata 12-13,9 mph (19 -22,4 ). ). km/jam).

Cara Menurunkan Berat Badan Sehat

Bersepeda tidak hanya baik untuk menurunkan berat badan, namun penelitian menemukan bahwa orang yang bersepeda secara teratur memiliki kesehatan keseluruhan yang lebih baik, sensitivitas insulin yang lebih baik, dan risiko penyakit jantung yang lebih rendah. .

Cara Menurunkan Berat Badan Cepat Dan Sehat

Bersepeda sangat bagus untuk semua tingkatan, dari pemula hingga atlet. Selain itu, ini adalah latihan beban rendah yang tidak terlalu membebani persendian Anda.

Latihan beban adalah pilihan populer bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Orang dengan berat 155 pon (70 pon) membakar sekitar 108 kalori per 30 menit latihan beban.

Selain itu, latihan beban dapat membantu meningkatkan kekuatan dan mendorong pertumbuhan otot, sehingga dapat meningkatkan laju metabolisme istirahat (RMR), atau jumlah kalori yang dibakar tubuh saat istirahat.

Sebuah penelitian selama enam bulan menunjukkan bahwa berolahraga hanya 11 menit 3 kali seminggu meningkatkan laju metabolisme Anda sebesar 7,4%. Dalam penelitian ini, peningkatan ini setara dengan membakar 125 kalori ekstra per hari.

Cara Diet Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan Yang Ampuh

Studi lain menemukan bahwa latihan beban selama 24 minggu menghasilkan peningkatan laju metabolisme pada pria sebesar 9%, yang setara dengan membakar 140 kalori per hari. Di kalangan wanita, peningkatan laju metabolisme hampir 4%, atau 50 kalori lebih banyak per hari.

Latihan interval, lebih dikenal sebagai pelatihan interval intensitas tinggi (HIIT), adalah istilah luas untuk latihan intens dalam jangka waktu pendek yang diselingi dengan periode pemulihan. Latihan HIIT biasanya berlangsung 10-30 menit dan dapat membakar banyak kalori.

Sebuah penelitian terhadap 9 pria aktif menemukan bahwa HIIT membakar 25-30% lebih banyak kalori per menit dibandingkan jenis olahraga lainnya, termasuk latihan beban, bersepeda, dan lari treadmill.

Cara Menurunkan Berat Badan Sehat

Selain itu, banyak penelitian menunjukkan bahwa HIIT sangat efektif dalam membakar lemak perut, yang berhubungan dengan banyak penyakit kronis.

Cara Diet Alami, Sehat Dan Ampuh Turunkan Berat Badan

HIIT mudah untuk dimasukkan ke dalam latihan Anda. Yang Anda butuhkan hanyalah memilih jenis olahraga, seperti lari, lompat, atau bersepeda, serta waktu berolahraga dan istirahat.

Misalnya mengayuh sekuat tenaga selama 30 detik, dilanjutkan dengan berjalan lambat selama 1-2 menit. Ulangi pola ini selama 10-30 menit.

Berenang adalah cara yang bagus untuk menurunkan berat badan dan menjadi bugar. Harvard Health memperkirakan bahwa orang dengan berat 155 pon (70 kg) membakar sekitar 216 kalori setiap setengah jam berenang.

Gaya atau gaya berenang ternyata mempengaruhi jumlah kalori yang terbakar. Sebuah studi terhadap perenang kompetitif menemukan bahwa kalori paling banyak dibakar selama gaya dada, diikuti oleh gaya kupu-kupu, punggung, dan gaya bebas.

Cara Diet Sehat Yang Ampuh Untuk Menurunkan Berat Badan Berlebihan

Sebuah studi selama 12 minggu terhadap 24 wanita paruh baya menemukan bahwa berenang 60 menit 3 kali seminggu secara signifikan mengurangi lemak tubuh, meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi risiko stroke, penyakit jantung, termasuk kolesterol darah tinggi dan trigliserida.

Keuntungan lain dari berenang adalah dampaknya yang rendah, yang berarti lebih ringan pada persendian. Ini menjadikannya pilihan yang baik bagi orang yang menderita cedera atau nyeri sendi.

Yoga adalah cara populer untuk berolahraga dan melepaskan stres. Meskipun tidak dianggap sebagai latihan penurunan berat badan, olahraga ini membakar banyak kalori dan menawarkan manfaat kesehatan tambahan yang dapat mendorong penurunan berat badan.

Cara Menurunkan Berat Badan Sehat

Harvard Health memperkirakan bahwa orang dengan berat badan 155 pon (70 kg) membakar sekitar 144 kalori setiap 30 menit latihan yoga.

Tips Diet Sehat Dan Aman Untuk Turunkan Berat Badan

Sebuah studi selama 12 minggu terhadap 60 wanita gemuk menemukan bahwa mereka yang berpartisipasi dalam yoga 90 menit dua kali seminggu mengalami penurunan berat badan lebih besar dibandingkan kelompok kontrol dengan rata-rata 1,5 inci (3,8 cm).

Sebagian besar pusat kebugaran menawarkan kelas yoga, tetapi yoga dapat dilakukan di mana saja di rumah karena ada banyak kelas online.

Pilates adalah latihan bagus untuk pemula yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Menurut sebuah penelitian yang disponsori oleh American Council on Latihan, seseorang dengan berat badan sekitar 64 pon akan membakar 108 kalori dalam kelas pilates pemula selama 30 menit atau 168 kalori dalam kelas lanjutan dengan durasi yang sama.

Meskipun Pilates mungkin tidak membakar kalori sebanyak latihan aerobik seperti lari, banyak orang menganggapnya menyenangkan sehingga mudah dilakukan secara rutin.

Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Dengan Lebih Sehat

Sebuah studi selama 8 minggu terhadap 37 wanita paruh baya menemukan bahwa melakukan Pilates selama 90 menit 3 kali seminggu secara signifikan mengurangi pinggang, perut, dan pinggul mereka dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak berolahraga dalam jangka waktu yang sama.

Selain menurunkan berat badan, pilates dapat mengurangi nyeri punggung dan meningkatkan kekuatan, keseimbangan, fleksibilitas, daya tahan, dan kesehatan secara keseluruhan.

Jika Anda ingin mencoba pilates, coba tambahkan ke rutinitas mingguan Anda. Pilates bisa dilakukan di rumah atau di salah satu puskesmas yang menyediakan kelas pilates.

Cara Menurunkan Berat Badan Sehat

Untuk lebih mendorong penurunan berat badan dengan Pilates, kombinasikan dengan pola makan sehat atau jenis olahraga lain seperti latihan beban atau kardio.

Infografik: 6 Cara Menurunkan Berat Badan

Seringkali, orang yang merasa kelebihan berat badan akan melakukan diet ekstrem untuk menurunkan berat badan, seperti tidak mengonsumsi makanan tertentu, mengurangi porsi makan, dan mengurangi jumlah makan per hari.

Alhasil, konsep diet pun sama-sama menyiksa tubuh karena tidak memberikan kebebasan pada tubuh dalam mengonsumsi makanan.

Cara ini digunakan untuk mengubah kalori harian menjadi energi dan tidak meninggalkan banyak lemak di tubuh.

“Jika Anda tidak mengonsumsi cukup kalori, metabolisme Anda bisa melambat,” kata Jim White, ahli gizi dan ahli fisiologi.

Sukses Turunkan Berat Badan 20 Kilogram, Youtuber Ini Berbagi Tips Diet

Para peneliti di Northwestern University menemukan bahwa orang yang terpapar sinar matahari di pagi hari lebih mungkin mengalami penuaan dibandingkan mereka yang bangun terlambat.

Salah satu manfaat bangun pagi adalah memberi Anda lebih banyak waktu luang di pagi hari. Jika Anda mendapat sinar matahari di pagi hari, Anda juga bisa melakukan sedikit olahraga.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ketika berolahraga di pagi hari, metabolisme tubuh akan meningkat dan kalori akan terbakar sepanjang hari.

Cara Menurunkan Berat Badan Sehat

Cara menurunkan berat badan tanpa diet selanjutnya adalah dengan mencoba menikmati buah-buahan. Anda bisa mengubah pola makan harian Anda dengan buah-buahan.

Yuk, Simak Tips Menurunkan Berat Badan Berikut Ini.

Namun Anda juga harus berhati-hati saat mengonsumsi buah ini. Alasannya, makan buah terlalu banyak tidak masalah

Cara sehat menurunkan berat badan, diet sehat menurunkan berat badan, makanan sehat menurunkan berat badan, cara menurunkan berat badan yang sehat, cara menurunkan berat badan secara sehat, cara diet sehat menurunkan berat badan, cara sehat untuk menurunkan berat badan, cara cepat dan sehat menurunkan berat badan, cara menurunkan berat badan dengan sehat, menurunkan berat badan yang sehat, cara diet sehat untuk menurunkan berat badan, tips sehat menurunkan berat badan

Leave a Comment