Cara Mengirim Naskah Novel Ke Penerbit Lewat Email

Cara Mengirim Naskah Novel Ke Penerbit Lewat Email – Menerbitkan buku mungkin menjadi dambaan setiap penulis. Saya termasuk. Sebab buku merupakan salah satu jejak tulisan sepanjang masa. Oleh karena itu, naskah penulis dikirimkan ke penerbit. Tentu saja ada cara untuk mengirimkan naskah Anda ke penerbit untuk diserahkan dan dipublikasikan.

Jadi susah atau mudahnya, semua tergantung teman kalian semua. Sulit jika tidak. Sebaliknya, akan lebih mudah jika teman-teman melewati semua levelnya. Semuanya ada proses. Jadi yang mana yang akan kamu pilih? Hehehehe.

Cara Mengirim Naskah Novel Ke Penerbit Lewat Email

Cara Mengirim Naskah Novel Ke Penerbit Lewat Email

Jadi, tanpa basa-basi lagi, yuk langsung saja kita share. Izinkan saya mengingatkan Anda bahwa saya menulis artikel ini berdasarkan pengalaman pribadi saya. Berikut cara mengirimkan naskah Anda ke penerbit.

Tips Mengirimkan Cerpen Anak Ke Redaksi Dar! Mizan

Seperti yang saya tulis di atas, dunia kepenulisan merupakan suatu proses yang melalui banyak tahapan, termasuk tahapan penyerahan naskah ke penerbit. Tentu saja, Anda perlu melakukan langkah pertama berikut ini. Tujuannya jelas agar naskah tersebut layak, disetujui, dan kemudian diterbitkan.

Sebelum mengirimkan naskah Anda ke penerbit, hal pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah ketentuan yang berlaku. Jadi jangan menulis dulu. Ini seperti melamar pekerjaan. Mereka harus memenuhi syaratnya.

Masalahnya adalah setiap penerbit mempunyai situasi yang berbeda-beda. Misalnya, meskipun keduanya menerima naskah anak-anak, Penerbit A menerima semua jenis cerita anak-anak. Mulai dari buku promosi, cerita, buku anak, dan lain-lain. Buku versi B tidak menerima petualangan dengan kurcaci dan elf. Sedangkan C Publishing hanya menerima cerita anak Islami.

Jadi jangan biarkan teman Anda mengirimi Anda skrip. Misalnya mengirimkan cerita anak ke Penerbit C tidak Islami. Sekalipun sebuah cerita bagus pada akhirnya, akan ditolak jika tidak memenuhi syarat awal.

Zahira Media Publisher

Penyerahan naskah ke penerbit tidak hanya harus memenuhi kriteria, tetapi juga harus memenuhi kepuasan penerbit. Jadi pahami bagaimana cerita berkembang di penerbit tempat kita mengirimkan naskah. Misalnya, penerbit A menyukai roti dan sereal. Tapi penerbit A menyukai roti dengan nanas dan penerbit B menyukai roti dengan selai kacang.

Jadi kalau teman kirim roti selai kacang ke penerbit A dan roti nanas ke penerbit B, bisa-bisa ditolak. Wajar jika kita menyajikan makanan kesukaan seseorang, pasti dia akan senang dan ingin menyantapnya. Sebenarnya, saya akan bertanya lebih lanjut nanti. Pada dasarnya suatu naskah ditolak bukan karena jelek, melainkan karena tidak sesuai dengan keinginan penerbit.

Cara paling mudah untuk mengetahui jenis naskah yang disukai penerbit adalah dengan melihat langsung buku yang pernah ditulisnya. Anda bisa langsung membeli bukunya dan mempelajarinya. Cobalah untuk mencari buku terbitan terbaru.

Cara Mengirim Naskah Novel Ke Penerbit Lewat Email

Jika Anda tidak punya uang untuk membeli buku, jangan khawatir. Masih banyak rute lain menuju Roma. Sobat bisa pergi ke perpustakaan dan mencari buku dari penerbit ini. Ada juga perpustakaan online. Jadi ketika Anda mengalami masalah, carilah opsi lain. Jangan blokir ini.

Cara Kirim Resensi Ke Koran/media Massa

Setelah naskah ditulis, sekarang saatnya mengirimkannya ke penerbit. Tapi uh… luangkan waktumu, urus semuanya sebelum mengirimkan naskahmu. Jangan lupa apa pun. Misalnya saja detail naskah yang sesuai, kerangka naskah, dan sebagainya.

Ada dua cara untuk mengirimkan naskah ini. Pengiriman melalui surat atau secara langsung dimungkinkan. Hal ini sekali lagi tergantung pada syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh masing-masing penerbit. Jadi perhatikan lagi ya?

Anda benar-benar perlu menemukan alamat email terbaru penerbit. Silakan kirimkan naskah ke penerbit 10 tahun sebelumnya. Alhamdulillah kalau masih dipakai, kalau sudah diubah, dijamin teman-teman akan menunggu kabar naskahnya pasti.

Jadi, periksalah akun media sosial penerbitnya. Periksa pembaruan terkini mereka melalui email. Lihat juga buku terbitan terbaru mereka. Karena biasanya alamat email penerbit ada di belakang.

Cara Mengirim Naskah Ke Penerbit Agar Lolos Dan Diterbitkan

Tentunya ketika naskah dikirim melalui email juga perlu dikoreksi. Jangan lewatkan langkah ini. Apa yang perlu Anda lakukan setelah mengirimkan naskah Anda?

Apakah naskahnya sudah diserahkan atau belum? Karena email tersebut bersifat mental dan bukan karena kesalahan, mungkin juga email tersebut penuh dan belum dibersihkan oleh penerbitnya.

Jika surat itu bersifat mental, cobalah membacanya kembali selama beberapa menit. Jika Anda masih marah, coba saja keesokan harinya. Hal utama adalah mencoba mengirimkan skrip Anda.

Cara Mengirim Naskah Novel Ke Penerbit Lewat Email

Sebagai seorang penulis, Anda sangat membutuhkan backup, termasuk email. Jadi saya menggunakan Gmail dan Yahoo. Tujuannya, jika ada masalah pada satu email, saya bisa menggunakan alamat email lain. Jadi ketika saya mengirimkan naskah saya, saya mengirimkannya dari dua alamat email: Gmail dan Yahoo.

Daftar Penerbit Mayor

Jika ingin mengirimkan naskah dalam bentuk salinan elektronik, pihak tersebut harus mengirimkan naskah melalui pos. Tentunya tidak hanya di Pos Indonesia saja, tapi bisa apa saja, misalnya TIKI, JNE dan lain-lain.

Tentu saja, periksa kembali halamannya terlebih dahulu. Jangan membingungkan apa pun. Kemudian lipatlah naskah itu dengan hati-hati dan seaman mungkin lalu masukkan ke dalam amplop. Masalahnya, kita tidak tahu apa yang terjadi di perjalanan.

Pastikan untuk menyertakan keterangan di sudut kiri atas amplop. Misalnya, “Kirimkan naskah novel anak-anak”. Oleh karena itu, langsung terlihat jelas bahwa naskah ini disiapkan untuk serial naskah anak-anak. Karena ada banyak aturan penerbitan. Ada garis ilmiah dan artistik yang populer. Misalnya ada cerita untuk dewasa, remaja, dan anak-anak. Jika informasinya sudah jelas sejak awal, maka skrip kita tidak akan melilit ke baris lain.

Jika penerbitnya dekat dengan rumah, teman-teman bisa langsung mengantarkan naskahnya. Selain memastikan naskah terkirim dengan aman, teman-teman juga bisa bermain dan melihat penerbitnya. Alhamdulillah ketemu editornya, hehehehe.

Membongkar Alur Cara Menerbitkan Buku Agar Buku Diterbitkan

Penyerahan naskah secara langsung kepada penerbit membuktikan bahwa penerbit yang kita kirimkan naskahnya mempunyai itikad baik. Oleh karena itu, apabila penerbit tidak memiliki alamat kantor, menurut saya naskahnya tidak perlu dikirimkan. Ada banyak penerbit Indonesia yang bagus. Salah satunya adalah Gramedia Pustaka Utama.

Ini juga merupakan poin penting untuk dipahami ketika mengirimkan naskah Anda. Tekan. Jangan lupakan etika. Karena ini adalah penilaian awal. Seorang penulis hebat, tetapi dengan moral yang buruk, ditinggalkan oleh sebuah penerbit. Ada banyak hal yang tidak boleh dilakukan penulis.

Oleh karena itu, ketika mengirimkan naskah melalui email, jangan mengirimkan naskah tanpa pendahuluan. Mereka yang menerima naskahnya pasti akan terkejut. Siapa ini, hanya mengirim SMS, tanpa izin. Seperti halnya ketika kamu datang ke rumah seseorang, pertama-tama kamu harus menyapa, memperkenalkan diri, memberitahukan tujuan kunjunganmu, lalu ketika kamu pulang, ucapkan halo.

Cara Mengirim Naskah Novel Ke Penerbit Lewat Email

Maka tidak perlu menyertakan kata-kata yang “menakutkan”. Contoh: “Saya akan menunggu sebulan untuk mendapat kabar tentang naskah saya. Jika dalam sebulan tidak ada kabar saya akan menarik naskahnya. Atau saya sangat berharap naskah ini diterima dan diterbitkan.

Arumi’s Stories: Tips Kirim Naskah

Uh.. Siapa kamu? Saya baru saja menyerahkan naskah saya dan meminta prioritas. Ada banyak orang yang mengirimkan skrip dan semua orang akan dipilih berdasarkan skrip yang dikirimkan. Kalau skenarionya banyak, prosesnya akan memakan waktu lama. Mari kita kembali ke proses penulisan, ya? Menerbitkan sebuah buku memerlukan proses. Dan tahap pemilihan naskahnya panjang.

Pada dasarnya, selama naskah kita memenuhi kebutuhan penerbit, ceritanya menarik dan semangat penerbitan naskah tetap terjaga. Jika lolos juga akan diberitahukan dan ditangani lebih lanjut.

Seperti yang saya tulis di atas, menerbitkan buku membutuhkan proses yang panjang. Termasuk tingkat seleksi naskah di penerbit. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang patut Anda perhatikan.

Ya, proses seleksinya lama karena banyak yang mengirimkan naskah. Jadi sambil menunggu kabar, teman baiknya menulis naskah lain. Jangan menunggu satu skenario. Teruslah menulis artikel lainnya untuk membuka lebih banyak peluang. Imajinasi juga tumbuh.

Cara Menerbitkan Ebook

Oh, kenapa lama sekali tidak ada kabar tentang naskahku ya? bagaimana nasibnya Menerima atau menolak? Wajar jika kita berpikir seperti ini. Lagipula penantiannya lama dan belum ada kabar ya?

Dengan begitu, teman-teman bisa bertanya kepada penerbit tentang nasib naskahnya. Anda dapat mengirim email secara langsung. Jika Anda masih dalam tahap seleksi, Anda bisa menunggu. Jadi itu adalah iman.

Jika dirasa script sudah kadaluarsa, tanyakan dan tidak ada konfirmasi, Anda dapat mengirimkan email pembatalan script. Jangan mengirimkannya langsung ke penerbit lain. Hal ini melanggar kode etik. Kalau sama-sama ACC pasti teman-teman jadi bingung. Bahkan, kedua penerbit ini akan masuk daftar hitam.

Cara Mengirim Naskah Novel Ke Penerbit Lewat Email

Jika teman Anda tinggal di dekat penerbit, Anda dapat mengunjungi penerbit tersebut dan menanyakan nasib naskahnya. Ini sangat bagus karena Anda bisa mendapatkan datanya langsung dari editor. Anda juga dapat memasukkan skrip baru. Jadi jika skenario sebelumnya ditolak maka akan muncul skenario baru. Teman-temannya pun menunjukkan harapan baru.

Mengenal Digital Publishing System (dps) Dan Keuntungannya Bagi Penulis

Anda pasti akan senang ketika naskahnya diterima oleh penerbit bukan? Jadi pastikan untuk segera membalas email penerbit Anda dan mengucapkan terima kasih. Kemudian, coba ikuti instruksi editor. Saat tinjauan muncul, segera lakukan tindakan sesuai kebutuhan.

Selalu bersikap sopan. Jangan berasumsi bahwa apa yang Anda tulis itu benar dan kemudian Anda ingin mengedit atau memperbaiki skripnya. Intinya editor adalah jembatan antara penulis dan pembaca. Editor sudah mengetahui selera pembacanya. Penulis yang berkompeten dan beretika akan lebih disukai oleh redaksi. Tidak perlu kirim naskah besok, pesan sekarang, hehehe. Sebelum saya memberi tahu Anda cara mengirimkan naskah novel ke penerbit, ada baiknya Anda mempelajari terlebih dahulu tentang berbagai jenis penerbit. Oleh karena itu, ada empat jenis penerbitan buku.

Pertama, penerbit besar. Ini adalah penerbit yang hebat. Contoh saja: Gramedia. Jika naskah Anda diterima oleh penerbit besar ini, hampir pasti novel Anda akan sampai di toko buku Gramedia.

Kedua, penerbit independen. Ada penerbit indie berbayar dan ada penerbit indie yang suka memilih skrip. Ketiga, self-publishing (menerbitkan buku Anda).

Cara Agar Naskahmu Diterima Penerbit

Dan keempat, saya menyebutnya penerbit gratis seperti Guepedia. Bagi yang ingin mengetahui tentang penerbit gratis ini, baca artikel: Review Penerbit Guepedia.

Jenis-jenis penerbitan yang diuraikan di atas merupakan hasil pengamatan saya dalam dunia penerbitan buku. Keempatnya jelas berbeda. Ada pro dan kontra.

Namun terdapat kesamaan antara keempat penerbit buku ini, yaitu cara pengiriman naskah novel ke keempat penerbit ini sama, yakni sebagian besar melalui email.

Cara Mengirim Naskah Novel Ke Penerbit Lewat Email

Akar masalah dari postingan ini adalah banyak calon penulis tidak tahu cara mengirim naskah melalui email. Dan walaupun ada solusi lain, saya tidak bermaksud semua manuskrip harus dikirim melalui email.

Kirim Naskah Ke Penerbit Deepublish Sangat Mudah, Anti Ribet!

Untuk mengetahui tata cara penyerahan naskah novel kepada penerbit melalui email atau cara lainnya, silakan simak penjelasannya di bawah ini:

Cara mengirimkan naskah novel ke penerbit1. Cara mengirim naskah novel melalui email ke penerbit. Mari kita bahas ini melalui email.

Mengirim novel ke penerbit, cara mengirim naskah novel ke penerbit, cara mengirim naskah novel ke penerbit republika, cara mengirim naskah novel ke penerbit gagasmedia, cara mengirim naskah ke penerbit, cara mengirim naskah novel ke penerbit gramedia, cara mengirim naskah novel ke penerbit mizan, cara mengirim novel ke penerbit, cara mengirim naskah ke penerbit lewat email, mengirim naskah ke penerbit, bagaimana cara mengirim naskah novel ke penerbit, mengirim naskah novel ke penerbit

Leave a Comment