Cara Mengatasi Mata Gatal Dan Merah

Cara Mengatasi Mata Gatal Dan Merah – 12 Penyebab Mata Sakit dan Kemerahan Serta Cara Menghilangkannya Published: 22 Februari 2019 Terakhir Diperbarui: 12 Agustus 2021 Revisi 13 Juni 2019 Waktu Baca: 4 menit

Mata merah dan sakit sangat umum terjadi. Biasanya kondisi ini dirasakan saat mata kering, terkena asap atau debu. Pastinya tidak nyaman dan mengganggu pandangan Anda. Sebelum mencari cara mengatasinya, ada baiknya ketahui dulu penyebab mata merah dan perih seperti berikut ini.

Cara Mengatasi Mata Gatal Dan Merah

Cara Mengatasi Mata Gatal Dan Merah

Ada banyak penyebab mata perih dan merah, mulai dari hal sederhana seperti debu atau kotoran, paparan asap, hingga kurang tidur malam. Selain itu, ada faktor yang lebih berbahaya, seperti infeksi, yang perlu diwaspadai.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mata Merah

Atau banyak kotoran mata, mungkin Anda mengalami infeksi mata. Infeksi mata bisa disebabkan oleh virus atau bakteri, istilah medisnya konjungtivitis.

Konjungtivitis merupakan salah satu jenis infeksi mata yang terjadi pada konjungtiva, yaitu selaput tipis yang menutupi bola mata dan kelopak mata. Gejala konjungtivitis meliputi:

Selain konjungtivitis, blefaritis atau radang kelopak mata menjadi salah satu penyebab mata nyeri, merah, dan gatal. Mata bengkak juga terlihat, terkadang disertai sisik atau rambut di kelopak mata.

Mata berair, merah, nyeri dan gatal juga bisa terlihat akibat adanya benda asing yang masuk ke mata. Benda asing yang dapat menimbulkan gejala tersebut antara lain:

Cara Mengobati Mata Belekan, Salah Satunya Kompres Pakai Es Batu

Jika ini terjadi, hindari mengucek mata ya. Bukannya meredakan gejala, kebiasaan ini justru merusak lapisan mata dan memperparah mata merah.

Cedera pada bagian mata mana pun yang terjadi saat bekerja, bermain, atau berolahraga juga dapat menyebabkan mata berair dan nyeri. Inilah alasan mengapa mengenakan kacamata pengaman saat melakukan aktivitas tersebut dianggap sangat penting. Kuku yang tajam juga dapat menyebabkan cedera mata jika Anda menggosok mata dengan kuku tersebut atau saat Anda memakai lensa kontak.

Mata kering adalah kondisi dimana air mata tidak diproduksi, padahal air mata ini sangat diperlukan untuk menjaga kelembapan mata. Ada banyak penyebab air mata kering. Misalnya, karena Anda sudah lama berada di ruangan ber-AC, perhatikan baik-baik layar komputer atau berjalan-jalan.

Cara Mengatasi Mata Gatal Dan Merah

Mata terbakar juga bisa disebabkan oleh peradangan akibat alergi. Hal ini dapat disebabkan oleh alergen lokal seperti kelembapan dan riasan, atau alergen seperti hewan peliharaan dan serbuk sari. Kedua jenis alergen tersebut dapat menyebabkan mata merah dan perih.

Inilah Penyebab Area Hitam Di Bawah Mata Dan Cara Mengatasinya

Kebanyakan kasus mata merah dan sakit biasanya hilang dengan sendirinya. Misalnya saja jika penyebab mata merah karena paparan asap atau debu, maka gejala mata merah bisa hilang setelah beberapa jam. Mata akan kembali normal.

Jika mata terasa gatal, Anda bisa mengobatinya dengan mengompres dingin. Sedangkan jika terdapat kotoran atau kulit pada kelopak mata, segera bilas dengan air hangat. Anda juga bisa menggunakan sabun bayi cair untuk membersihkan kelopak mata dan kelopak mata.

Setiap penyebab mata merah memiliki cara pengobatan yang berbeda-beda. Air mata buatan dapat digunakan 4-6 kali sehari untuk mengatasi flek mata, namun hal ini memerlukan pengawasan dokter.

Menghindari kontak dengan alergen seperti kosmetik, hewan peliharaan, dan rumput dapat membantu mengatasi mata merah dan sakit akibat alergi. Biasanya dokter meresepkan obat tetes antihistamin untuk mengatasi mata merah akibat alergi.

Cara Mengobati Mata Bintitan Dengan Cepat

Konjungtivitis atau sakit mata bisa berlangsung hingga 10 hari. Jika Anda merasakan hal ini, yang sebaiknya Anda lakukan:

Setiap penyebab mata merah dan perih mempunyai cara pengobatan yang berbeda-beda. Meski menjengkelkan, jangan tergoda untuk mengucek mata yang gatal. Bukannya meredakan gejala, kebiasaan ini malah memperburuk infeksi mata. Sebaiknya segera konsultasikan ke dokter jika mata merah tidak kunjung hilang setelah perawatan.

Tim editorial berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja sama dengan dokter dan dokter serta menggunakan sumber terpercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Cara Mengatasi Mata Gatal Dan Merah

Artikel ini hanya untuk informasi kesehatan dan bukan merupakan diagnosis medis. Sebaiknya Anda melanjutkan konsultasi langsung dengan dokter spesialis di bidangnya.

Jual Obat Sakit Mata Merah Terlengkap & Harga Terbaru April 2024

Konten ini telah ditulis atau direview oleh praktisi medis dan didukung oleh setidaknya tiga referensi dan sumber terpercaya.

Tim editorial berkomitmen terhadap konten yang akurat, komprehensif, mudah dipahami, diperbarui, dan dapat ditindaklanjuti. Anda dapat membaca seluruh proses pengeditan di sini.

Jika Anda mempunyai pertanyaan atau komentar mengenai artikel kami, Anda dapat menghubungi kami melalui WhatsApp di 0821-2425-5233 atau email di [email protected], Jakarta. Penyakit mata merah terjadi ketika pembuluh darah di mata mengalami peradangan atau iritasi. Namun, kemerahan pada penyakit mata juga dapat mengindikasikan adanya berbagai masalah kesehatan.

Mata merah merupakan kondisi yang tidak berbahaya sama sekali. Namun kondisi ini dapat mengganggu penglihatan, terutama saat beraktivitas atau berinteraksi dengan orang lain. Meski terlihat ringan, namun Anda tetap harus waspada, apalagi jika mata merah disertai rasa nyeri, perih, beruap, berair, bernanah (nanah) atau bengkak.

Penyakit Pterigium: Penyebab, Gejala, Dan Cara Mengatasi

Penyebab penyakit mata merah juga bisa menandakan kondisi mata yang buruk. Mudah untuk membandingkannya dengan mata yang lain, yang pasti bagus.

Berikut ikhtisar penyebab penyakit mata merah dan pengobatannya, dihimpun dari berbagai sumber, hingga Kamis (26/5/2022).

Bocah asal Sulawesi Selatan itu dilarikan ke rumah sakit karena matanya iritasi. Diketahui bahwa anak laki-laki berusia 5 tahun itu salah mengira lem Korea sebagai obat tetes mata. Lem Korea juga menetes dari matanya.

Cara Mengatasi Mata Gatal Dan Merah

Penyebab umum penyakit mata merah adalah alergi. Zat iritasi yang masuk ke mata dapat menyebabkan mata merah. Mata merah yang disertai rasa terbakar dan gatal seringkali disebabkan oleh alergi. Alergi dapat berupa serbuk sari, bulu hewan peliharaan, debu, dan jamur.

Bikin Mata Jadi Seger? Yuk Baca Selengkapnya!

Kerusakan mata dapat menyebabkan penyakit mata merah. Cedera mata bisa terjadi secara tidak sengaja, seperti tergesek mata dengan paku tajam atau terbentur mata.

Penyebab penyakit mata merah lainnya adalah konjungtivitis. Konjungtivitis, umumnya dikenal sebagai mata merah, adalah infeksi yang melibatkan peradangan dan iritasi pada konjungtiva. Konjungtiva adalah selaput transparan tipis yang menutupi kelopak mata dan melipat ke belakang untuk menutupi bagian putih mata.

Virus menyebabkan hingga 80 persen dari seluruh kasus konjungtivitis. Mata merah muda sering terjadi pada anak sekolah dan sangat menular. Infeksi ini biasanya menyebar melalui kontak langsung dengan jari atau barang pribadi yang terinfeksi. Penyakit ini sering dikaitkan dengan infeksi saluran pernapasan atas dan menyebar melalui batuk.

Pilihan pengobatan untuk konjungtivitis bergantung pada jenisnya, jadi penting untuk menemui dokter jika Anda mengalami tanda atau gejala. Untuk mencegah penyebaran konjungtivitis, masyarakat harus mencuci tangan secara teratur dan menghindari menggosok mata. Mereka juga harus menghindari berbagi obat tetes mata, kosmetik, handuk atau bantal. Ketika konjungtivitis bakteri atau virus sembuh, orang harus membuang lensa kontak, larutan, atau riasan mata yang mereka gunakan selama infeksi untuk mencegah infeksi ulang.

Obat Sakit Mata Merah Belekan Sesuai Anjuran Dokter

Penyebab penyakit mata merah berikutnya adalah mata perih. Ulkus kornea merupakan luka terbuka pada kornea yang biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri. Biasanya terjadi setelah cedera mata, cedera, atau jenis cedera lainnya. Gejala mungkin termasuk:

Orang dengan penyakit kelopak mata, luka dingin, dan pemakai lensa kontak berisiko terkena luka mata. Mata sangat rentan terhadap noda akibat lensa kontak, terutama jika lensa tidak digunakan dengan aman, disimpan dengan benar, atau dibersihkan dengan benar. Lensa kontak dapat menggesek permukaan mata dan menyebabkan kerusakan ringan pada sel bagian luar. Kerusakan ini memungkinkan bakteri masuk ke mata. Jika tidak ditangani dengan baik, ulkus kornea dapat menyebabkan kehilangan penglihatan bahkan kehilangan satu mata.

Penyebab lain penyakit mata merah adalah perdarahan subkonjungtiva. Konjungtiva mengandung banyak pembuluh darah dan kapiler. Pembuluh darah ini bisa pecah dan mengeluarkan darah ke area antara konjungtiva dan bagian putih mata.

Cara Mengatasi Mata Gatal Dan Merah

Ketika ini terjadi, sejumlah kecil darah terkumpul di bawah konjungtiva. Kumpulan kecil darah ini disebut perdarahan subkonjungtiva. Perdarahan kecil di bawah selaput luar mata menyebabkan bintik merah cerah pada bagian putih mata.

Radang Kelopak Mata

Perdarahan subkonjungtiva biasanya terjadi akibat trauma ringan atau trauma pada mata. Bahkan mengucek mata pun bisa menyebabkan pendarahan. Penyebab paling umum dari perdarahan subkonjungtiva adalah batuk, bersin, dan mengejan. Orang yang menderita diabetes, tekanan darah tinggi, atau mengonsumsi obat tertentu juga dapat mengalami pendarahan subkonjungtiva.

Pendarahan di bawah konjungtiva terjadi pada permukaan mata. Karena tidak mempengaruhi bola mata atau bagian dalam mata, penglihatan tidak terpengaruh. Biasanya tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak menimbulkan sensasi atau gejala nyata selain ruam merah. Meskipun kemerahan atau darah pada mata terlihat serius, sebagian besar pendarahan subkonjungtiva biasanya tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Glaukoma primer juga dapat menyebabkan penyakit mata merah. Terkadang mata merah bisa menandakan kondisi serius. Glaukoma primer atau glaukoma sudut tertutup akut merupakan kondisi darurat medis yang harus segera ditangani. Hal ini terjadi ketika tekanan cairan di dalam mata meningkat terlalu banyak.

Jenis glaukoma yang parah ini sering kali menyebabkan mata merah secara tiba-tiba, nyeri mata yang parah, dan penglihatan kabur (biasanya pada satu mata). Pastikan untuk menemui dokter Anda sesegera mungkin jika gejala ini terjadi.

Cara Mengatasi Mata Merah Dan Gatal Dengan Tetes Mata, Kompres Air Dingin, Dijamin Sembuh

Kondisi lain yang bisa menyebabkan mata merah adalah episkleritis. Ini adalah peradangan pada lapisan tipis jaringan transparan yang terletak di antara konjungtiva dan sklera. Episkleritis menyebabkan nyeri mata ringan dan iritasi disertai kemerahan pada mata. Episkleritis dapat diobati dengan air mata buatan.

Blefaritis merupakan penyebab umum penyakit mata merah yang menyebabkan pembengkakan pada kelopak mata dan kelopak mata. Blepharitis terjadi akibat ketidakpatuhan terhadap kebersihan kelopak mata. Gejala blepharitis antara lain mata terasa kental atau terbakar, air mata berlebihan, gatal, mata merah dan bengkak, mata kering atau kelopak mata kaku.

Penggunaan obat tetes mata merupakan salah satu jenis pengobatan untuk meredakan mata merah. Setelah dilakukan pengobatan, kondisi mata merah biasanya membaik secara bertahap. Selain itu, perawatan mata

Cara Mengatasi Mata Gatal Dan Merah

Cara mengatasi mata merah gatal dan berair, cara mengatasi mata merah dan gatal, mengatasi mata gatal dan merah secara alami, cara mengatasi mata bengkak merah dan gatal, cara mengatasi mata merah gatal, cara mengatasi kulit wajah merah dan gatal, mengatasi mata merah dan gatal, cara mengatasi mata gatal dan merah secara alami, cara mengatasi mata merah dan gatal dengan cepat, mengatasi mata merah gatal dan berair, cara mengatasi muka merah dan gatal, cara mengatasi wajah yang gatal dan merah

Leave a Comment